Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Rabu, 29 Januari 2014

CARA MEMINDAHKAN DARI TOPLES KECIL (SOSIS) KE TOPLES BESAR

BIBIT KROTO JOGJA

CARA MEMINDAHKAN DARI TOPLES KECIL (SOSIS) KE TOPLES BESAR

Kembali dengan bibit kroto jogja, kali ini kita akan mengangkat tentang bagaimana cara memindahkan toples koloni semut kroto (sosis) ke toples yang berukuran lebih besar? Artikel ini berangkat dari banyaknya kawan-kawan yang kebingungan untuk menemukan solusi cara pemindahan koloni secara tepat.

Langsung saja, cara memindahkan koloni semut kroto dari toples kecil ke toples yang lebih besar sebenarnya sangat sederhana. Pertama, siapkan toples lebih besar yang anda inginkan. Kedua, pastikan toples yang lebih besar tersebut sudah dibolongi dengan ukuran tertentu. Anda bebas berkreasi dimana letak anda membolongi toples yang lebih besar ini. Hanya saja, sebaiknya bolongi toples yang dekat dengan dasar koloni semut. Tujuannya tentu supaya semut kroto tidak kesulitan dalam beraktifitas mencari makanan dan minumannya.

Ketiga, letakkan toples yang lebih besar tersebut ke rak yang paling tinggi. Mengapa demikian? karena semut kroto umumnya suka merambat ke tempat yang lebih tinggi. Usakan agar posisi toples mudah dimasuki oleh semut kroto. Pastikan ada celah yang membuat semut kroto bisa mendiaminya.
Keempat, berikan gula pasir di dalam toples besar ini dan di sekitar toples berada. tentu tujuannya untuk memancing dan menarik agar semut berbondong-bondong datang untuk masuk ke toples dan mau membuat sarang baru sekaligus bertelur di dalamnya.

Jika empat cara tersebut anda praktekkan, dengan sendirinya semut akan pindah. Tetapi anda perlu bersabar, semut kroto butuh waktu sekitar 1-3  minggu untuk benar-benar masuk dan membuat sarang baru. Pastikan kondisi ruangan tenang, sepi,sejuk, sedikit gelap dan makanan mencukupi. 
Demikian sedikit tips tentang cara memindahkan koloni semut ke toples yang lebih besar. Semoga bermanfaat dan anda bisa berhasil.
bibit semut kroto, ternak kroto

Pemindahan semut kroto dari toples berukuran kecil ke besar
ternak kroto media toples