Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Senin, 14 Juli 2014

Mewaspadai Jembatan Semut dalam Budidaya Kroto



Mewaspadai “jembatan semut” dalam budidaya kroto

Bagi pembudidaya kroto, kaburnya semut dari kandang peternakan kroto merupakan masalah pelik. Hal tersebut tentu bukan tanpa solusi. Salah satunya adalah dengan “mewaspadai “jembatan semut” dalam budidaya kroto.

Jembatan semut merupakan istilah semut yang bergandengan satu sama lain yang seolah membikin jembatan. Fenomena semut membuat jembatan kadangkala ditemukan oleh para pembudidaya kroto. Dengan adanya semut membikin jembatan, tentu membuat mereka bisa kabur kemana mana. Pertanyaanya, bagaimana cara mencegah supaya semut tidak membikin jembatan?

Cara sederhana yang paling mudah adalah dengan memberikan jarak secara tertentu antara rak atau kandang kroto dengan dinding atau benda lainnya. Biasanya, semut mampu membuat jembatan bila jarak raknya terlalu dekat dengan dinding, semisal tidak kurang dari 1 sampai 5 cm.
Maka, jika anda akan beternak kroto usahakan jarak kandang kroto lebih dari 10 cm dari benda atau dinding di sekitarnya. Lalu, pertanyaanya, bagaimana jika semut telanjur membuat jembatan dan sudah kabur kemana mana? Lihat http://juragankrotobagus.blogspot.com/2013/12/cara-menangani-bibit-semut-kroto-yang.html

Demikian sedikit tips artikel tentang “mewaspadai jembatan semut” dalam budidaya kroto. Semoga bermanfaat.    
jembatan semut, semut yang kabur, cara aman ternak kroto
   Gambar semut membuat jembatan untuk kabur.