Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Sabtu, 09 Agustus 2014

Bibit semut kroto semakin berkurang, apa pasal?



Bibit semut kroto semakin berkurang, apa pasal?

 Kembali dengan bibit kroto jogja, kali ini kita akan membahas tentang persoalan bibit kroto yang semakin berkurang, bahkan habis yang dialami peternak kroto terutama pemula. Diakui atau tidak, kejadian habisnya bibit kroto tentu membuat kaget, bingung, kecewa dan rasa penasaran. Namun, jangan khawatir, kita akan bahas persoalan habisnya bibit kroto dalam ternak kroto anda ini di artikel di bawah ini.

Bibit kroto yang semakin berkurang yang ditandai dengan semakin sedikitnya jumlah semut yang ada di kandang kroto anda tentu bukan tanpa sebab. Pasti ada sebab yang mesti kita selidiki secara teliti. Secara umum, setidaknya ada empat sebab yang membuat bibit semut kroto anda semakin habis.

Pertama, karena lingkungan atau cuaca yang menjadi tempat ternak kroto anda tidak mendukung. Biasanya atap seng, asbes dan lingkungan yang terbuka dan terkena terik matahari secara terus menerus dapat membuat semut tidak nyaman, ingin kabur meninggalkan tempat peternakan, bahkan ada yang ingin bunuh diri. Ini karena suhu yang terlalu panas. 

Kedua, karena makanan dan minuman yang kurang mendukung. Telat memberikan makanan dan minuman bisa berakibat fatal dalam budidaya kroto/ternak kroto anda. Bibit semut kroto anda pasti ingin kabur, jika telat memberikan makanan dan lebih-lebih minuman lebih dari satu hari. Biasanya ia akan loncat dan turun ke bawah. 

Ketiga, tidak ada ratu dalam ternak/budidaya kroto rumahan anda. Posisi ratu disini sangat penting dalam budidaya/ternak kroto anda. Usahakan bibit kroto anda ada ratunya. Walaupun tidak harus setiap toples ada ratunya. Setidaknya, dengan adanya ratu, semut cenderung tenang, mau berkumpul, dan bekerja sesuai tugas masing-masing.

Keempat, karena terkena asap yang berlebihan. Asap ini bisa datang dari anda memasak di dapur berbahan kayu atau anda merokok yang keseringan di dekat ternak/budidaya kroto anda. Sebagaimana hewan lainnya, semut cenderung setress bila terkena asap. Resiko terburuknya, ia bunuh diri atau jatuh ke lantai yang membuat bibit semut kroto anda semakin habis/berkurang.

Semoga bermanfaat. Terimakasih telah bersedia membaca artikel “Bibit semut kroto semakin berkurang, apa pasal?”

bibit kroto