Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Selasa, 03 Desember 2013

SIKLUS SEMUT RANG-RANG

BIBIT KROTO JOGJA

 SIKLUS SEMUT RANG-RANG

Kembali dengan juragankrotobagus, kali ini kita membahas tentang siklus semut rang-rang. Banyak diantara pembaca yang mungkin penasaran tentang siklus semut kan? baiklah kita bahas bersama yuuk...!. Sebagai mahluk hidup, semut rang-rang memiliki siklus hidup tertentu yang bisa dibagi dalam tiga fase.

Fase pertama adalah saat ia masih menjadi bakal telur berupa bintik-bintik putih. Bintik putih ini makin lama makin besar dan akhirnya menjadi telur kroto. Proses terjadinya bakal telur dan akhirnya menjadi telur ini umumnya membutuhkan waktu 3-4 minggu.

Jika tidak dipanen, dalam waktu seminggu maka telur tadi akan berubah menjadi larva atau bayi semut kecil. Dan akhirnya ia akan semakin besar dan dewasa. Namun, ,meski prosesnya sama, sebagian semut akan menjadi semut pekerja, prajurit, semut mandul dan ratu. Masing-masing bekerja sesuai dengan tugas masing-masing. Semut ratu bertugas bertelur terus menerus.

Semut prajurit bertugas mencari makanan dan minuman untuk ratu dan menjaga koloni dari berbagai bahaya. Semut pekerja bertugas membuat sarang semut agar terjaga dengan baik. Sementara semut mandul juga bekerja menjaga koloni semut agar berjalan dengan baik.

Nah, dalam siklus tahunan, semut ada periode emas, yakni di masa bulan Januari-Agustus. lalu periode resesi atau menurun ketika memasuki bulan September-Nopember. Di masa ini, semut kroto memang sebagian menjadi semut hitam, bersayap dan bakal ratu.

Bulan Nopember dan Desember ini adalah masa peralihan, karena perlahan-lahan semut hitam hilang karena terbang dan dimakan semut merah. bersambung..... sekian dulu ya bos, dilanjut besok. Jangan lupa saran/masukan yang bermanfaat.. Makash.
 By BIBIT KROTO JOGJA