Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Selasa, 21 April 2015

Bila Budidaya Kroto tidak pernah dipanen, apa pengaruhnya?

 Bila Budidaya Kroto tidak pernah dipanen, apa pengaruhnya?

Banyak sekali pertanyaan dari pembudidaya kroto/ peternak kroto yang bertanya, “bila budidaya kroto tidak pernah dipanen, apa pengaruhnya bagi perkembangan budidaya semut rangrang pak?” . pertanyaan tersebut tentu muncul bukan tanpa alasan. Banyak sekali para pembudidaya kroto yang dibuat kebingungan, apakah langsung menanen ( jika siap panen), ataukah tidak dipanen dengan tujuan semut krotonya tambah banyak? Berikut ulasan sedikit dari kami.

Setiap pembudidaya kroto atau peternak kroto pada dasarnya tentu menginginkan semut krotonya berkembang dengan baik dan banyak. Namun, kenyataan di lapangan tak semudah yang dibayangkan. Di awal budidaya kroto tentu ingin semut krotonya bertambah banyak. Berbagai cara pun dilakukan. Mulai dari belajar ke ahlinya, rajin memberi makan dan minum dan seterusnya.

Rata- rata para peternak kroto pemula tidak pernah memanen krotonya. Mereka lebih banyak ingin memperbanyak semut krotonya dengan menambahkan toples kosong baru dan tidak menanennya. Pada hal, jika semut kroto yang ada di toples tidak pernah dipanen sama sekali, mereka cenderung meninggalkan toples. Akhirnya banyak yang kosong.
Lalu, bagaimana yang harus dilakukan? Jika ingin semut kroto anda berproduksi dan rajin membuat sarang tentu saja selain harus ada ratunya, juga secara berkala sebagian toplesnya dipanen. Mengapa demikian? Tujuannya supaya semut “tidak bosan” dengan sarang lama dan membikin sarang baru serta mencegah terjadinya semut hitam yang berlebihan.

Kemudian, disamping sebagian dipanen, juga perlu melakukan cara “ngejok” atu mengisi koloni baru dari luar, yakni dari alam maupun dari hasil budidaya. Tujuannya supaya koloni semut berkembang lebih efektif. Pertanyaan yang muncul kemudian, “ apakah tidak bertarung koloni semut kroto dari budidaya yang dicampur dari alam?” tenang saja, mencampur bibit baru dari alam boleh saja, asal tau triknya.

Caranya adalah dengan menyemprot air di koloni semut dari alam bersamaan dengan semut budidaya kroto anda. Dengan begitu, diharapkan semut kroto anda berkembang dengan baik dan jumlah koloninya semakin banyak dan produktif. 

Semoga bermanfaat. 

8 komentar:

  1. Permisi gan ane pemula dan ingin numpang nanya. Kenapa ya semut rangrang saya takut dengan jangkrik terus bagamana solusi makanannya kalau semut rangrang takut dan tidak mau makan jangkrik. terima kasih

    BalasHapus
  2. Selamat siang gan, kalau mau pesan bibit kroto gimana gan ???

    BalasHapus
  3. Per toples kira2 harga berapa mas .n bisa kirim keluar daerah ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. sesuai jumlah order mas.. bisa mas.. emangnya kirim kemana mas?

      Hapus
  4. Untuk pengiriman jarak jauh apa ga beresiko mati mas.saya tinggal ditampung,jelas.butuh beberapa hari untuk sampai kelampung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk lampung aman gan. estimasi 1,5 hari sudah sampai. semenjak tol cipali dibuka menjadi lebih cepat. bisa diambil di agen putra remaja terdekat.

      Hapus
  5. Bibitnya asli budidaya gak mas bro

    BalasHapus

Mari budayakan bertegur salam sapa dan berbagi guys./. makash..