Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Sabtu, 04 Mei 2019

Budidaya Semut Rangrang Untuk Pestisida Alami

bibit kroto | ternak kroto | cara budidaya kroto

Budidaya Semut Rangrang Untuk Pestisida Alami

Budidaya semut rangrang untuk pestisida alami

Tanaman perkebunan adalah salah satu aset jangka panjang. Keunggulan perkebunan ini, rata rata hanya memerlukan sekali penanaman kemudian dapat berkali-kali panen. Pada tahun pertama panen anda pasti sangat senang melihat perkebunan mempunyai produksi melimpah.

Pada tahun selanjutnya, pada beberapa tahun setelah panen pertama, perkebunan akan memiliki fase baru, yaitu ada beberapa hewan/kutu pengganggu perkembangan tanaman. Pada fase ini,banyak pekebun yang menggunakan pestisida kimia untuk membasmi kutu dan hama tanaman. Bila dikalkulasi, anda akan membutuhkan perawatan penyemprotan setiap jangka waktu tertentu untuk mengendalikan hama ini.

Selain membutuhkan waktu dan ketekunan untuk membasmi hama, penggunaan pestisida kimia juga dapat mengakibatkan tumbuhan terpapar pestisida ini. Akibatnya, masyarakat yang memakan hasil perkebunan mengira mengkonsumsinya bagus untuk kesehatan. dibalik itu banyak sekali pestisida yang melekat pada buah buahan yang ikut tercerna kemudian terakumulasi pada tubuh manusia. Pestisida yang terakumulasi ini lambat laun akan menjadi bibit-bibit penyakit bagi orang yang mengkonsumsi.

Pada artikel ini saya menawarkan solusi untuk mengatasi permasalahan diatas, dengan pertimbangan biaya penanganan hanya sekali, tidak dibutuhkan bahan kimia, aman bagi kesehatan dan bisa menghasilkan uang tambahan. anda cukup dengan memelihara semut rangrang.

Semut rangrang, pestisida alami yang menguntungkan pekebun

Semut rangrang berbeda dengan semut hitam dan semut gatal, semut rangrang tidak merusak batang tanaman, ia hanya memanfaatkan beberapa daun untuk dijadikan sarang. Sarang yang dibuat semut rangrang juga tidak membahayakan tanaman yang ditempati. Semut ini menggunakan cairan kental yang hanya melekatkan daun dan membentuk jaring guna menjaga keseimbangan dari terpaan air,melindungi dari hujan serta menjaga suhu dalam sarang.

Sarang yang dibuat semut rangrang dijadikan sebagai pusat pemerintahan dan tempat untuk menjaga semua benda yang dirasa penting. Semut rangrang akan menjaga batas-bstas wilayah yang sudah di jelajahinya dengan menempatkan semut penjaga di batas kekuasaan. Semut rangrang juga akan memakan atau mengusir hama pengganggu tanaman guna mempertahankan wilayah. Semut rangrang mempunyai umur yang cukup pendek,namun mempunyai siklus regenerasi yang cepat, sehingga hanya dengan mengembangkan satu koloni semut rang-rang dapat menjaga tumbuhan bertahun-tahun lamanya tanpa perawatan khusus.

Dari segi ekonomi,memelihara semut rang rang untuk penjagaan juga mendatangkan pundi-pundi rupiah bila anda memanen telur semut ini untuk dijual pakan ternak atau umpan pancing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari budayakan bertegur salam sapa dan berbagi guys./. makash..