Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Minggu, 12 Mei 2019

Pembibitan Kroto Menggunakan Besek dan Toples.


Pembibitan Kroto Menggunakan Besek dan Toples.

Budidaya kroto di dalam toples,
Bibit Kroto Dalam Toples

Dalam budidaya kroto secara natural semut kroto yang pada awalnya berasal dari alam bisa dibudidayakan dengan menggunakan media semi alami. Media yang dapat digunakan salah satunya yaitu dengan menggunakan besek. Ternak kroto menggunakan media semi alami ini dapat dilakukan untuk pembuatan bibit kroto. Biasanya cocok digunakan sebagai indukan tetap didalam kandang. Mengingat bentuk besek yang tertutup rapat dan tidak terlihat secara transparan. Akan tetapi dengan keadaan yang lumayan rapat tersebut menjadikan semut lebih nyaman bersarang pada besek. Karena apabila kita menengok bentuk sarang semut rang-rang dialam bentuknya rapat dari penggabungan beberapa daun.

Awal Mula Metode Ternak Kroto Yang Digunakan



Metode yang digunakan pada mulanya tentu dengan memancing semut rang-rang penghasil kroto ini untuk masuk kedlam besek tersebut. Nah setelah masuk dan berkkembang banyak baru kita menambah toples-toples kosong media bibit yang baru. Caranya tentu dengan mengoles bagian dalam besek menggunakan air gula, dengan begitu semut kroto ini akan mudah masuk kedlam besek tersebut.

Besek atau keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu ini juga terdapat kelemahan. Diantaranya yaitu sarang yang tidak cukup mudah untuk dipindah-pindah. Jadi penggunaan media ini lebih cocok untuk indukan tetap pada kandang kroto. Penggunaan media ini juga dapat digunaan untuk memperbanyak jumlah semut krotonya. Dengan begitu kita dapat langsung menambahkan toples baru untuk media bibit yang baru. 

Metode-metode penggunaan media untuk pembuatan bibit kroto ini secara terus menerus dikembangkan guna menemukan cara yang cukup efektif dalam beternak kroto. Dimana dalam beternak bibit kroto selalu tidak lepas dari beberapa faktor lain. Diantaranya bentuk kandang pembibitan kroto, tempat kandang bibit kroto, dan suasana pembibitan kroto tersebut. Bentuk  kandang yang paling cocok yaitu dengan bentuk bertingkat. 

Memilih Tempat Pembibitan Kroto

Cara memilih tempat pembibitan kroto yang cukup baik yaitu berada didalam ruangan atau dalam kata lain dalam tempat yang tertutup. Selain aman dari gangguan hewan lain seperti ayam, juga berpengaruh terhadap perkembangan bibit kroto anda. Sedangkan untuk suasana yang sesuai yaitu tempat yang luamayan tenang tidak terlalu dekat keramaian. Dengan begitu diharapkan semut kroto anda berkembang dengan baik dan jumlahnya semakin banyak dan produktif.

Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari budayakan bertegur salam sapa dan berbagi guys./. makash..