Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Rabu, 25 Juni 2014

Ternak Kroto Tanpa Ratu



Ternak Kroto Tanpa Ratu

Banyak sekali pertanyaan dari kawan-kawan terutama peternak kroto pemula, apakah bisa ternak kroto tanpa ratu? Jawabannya tetap bisa. Namun, ternak kroto tanpa ratu tentu berbeda dengan ternak kroto menggunakan ratu. Apa pasal?

Dalam struktur semut rangrang, ada semut pekerja, betina, prajurit, mandul dan ratu. Mereka hidup berkoloni dan bekerjasama untuk mencari makanan, membuat sarang dan menghasilkan telur. Pertanyaan yang muncul kemudian, siapa sebenarnya yang menghasilkan telur? Semua semut sebenarnya menghasilkan telur, kecuali semut mandul. Itulah sebabnya, ternak kroto tanpa ratu tetap bisa menghasilkan telur kroto.

Lalu muncul pertanyaan berikutnya, bagaimana ternak kroto dengan menggunakan ratu? nah, inilah sebenarnya ternak kroto yang lebih baik. Mengapa? Karena ratu selain menghasilkan telur lebih banyak, juga mampu menjaga semut rangrang supaya lebih tenang dan bereproduksi terus menerus.

Namun, di lapangan, ratu memang susah dicari. Maka wajar, jika ratu harga di pasaran lumayan mahal, berkisar 70 ribu sampai 100 ribu/ekor. Ciri-ciri ratu umumnya tubuhnya lebih besar, berwarna kecoklatan dan dikerumuni semut rangrang. Maka, jangan terkecoh bila ditawari ratu, sementara ciri-cirinya berwarna hijau dan memiliki sayap. Karena itu bukan ratu, tetapi calon ratu atau biasa disebut moreng dalam dunia ternak semut.
ternak kroto pakai ratu

ratu semut rangrang berwarna kecoklatan dan tanpa sayap dan dikerumuni semut.

ternak kroto tanpa ratu
Bakal ratu (calon ratu) biasa disebut "Moreng" meiliki sayap dan berwarna kehijauan.

Oleh karenanya, kesimpulannya ternak kroto tanpa ratu tetap bisa menghasilkan telur kroto. Namun, memang tidak sebagus bila ternak kroto mengggunakan ratu. Ternak kroto tanpa ratu biasanya produksi telur krotonya kecil-kecil dan tidak begitu banyak. Sebaliknya, jika menggunakan ratu, biasanya produksi telur krotonya lumayan besar dan lebih banyak  atau merata.

Sekarang, tinggal anda memutuskan; apakah ternak kroto dengan tanpa ratu atau ternak kroto menggunakan ratu. Saran saya, berapapun jumlah toples bibit kroto anda, sebaiknya menggunakan ratu, walaupun satu ekor.
Terimakasih atas kesediaan anda membaca artikel ternak kroto tanpa ratu.