Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Jumat, 01 Agustus 2014

Tiga permasalahan Budidaya kroto/ternak kroto dan solusinya



Tiga permasalahan ternak kroto/budidaya kroto dan solusinya


Ternak kroto atau budidaya kroto semut rangrang tidak serta merta berjalan mulus. Namun, tak jamak dijumpai permasalahan atau kendala tertent yang kadang membuat bingung, putus asa dan serba salah. Namun, jangan khawatir, permasalahan permasalahan dalam budidaya kroto akan dibahas di artikel berikut ini. Simak sampai tuntas ya!..  
Permasalahan pertama, semut ingin kabur dan menjatuhkan diri ke lantai. Masalah ini seringkali ditemui bagi pembudidaya kroto pemula. Apa penyebab dan bagaimana solusinya? Jelas saja penyebab semut ingin kabur dan menjatuhkan diri ke lantai adalah karena suhu ruangan yang terlalu panas. Biasanya ruangan yang beratap seng atau asbes dan di tempat terbuka/tanpa atap membuat semut kepanasan sehingga dia ingin kabur karena tak betah.

Lalu, bagaimana solusinya? Solusinya tentu saja buatkanlah ruangan atau carilah ruangan yang kondisi ruangannya sejuk. Anda bisa menggunakan atap genteng yang terbuat dari tanah. Atau solusi lainnya anda bisa menyediakan pot bunga atau tanaman di sekitar lokasi budidaya kroto anda. Anda juga bisa meletakkan kandang ternak kroto anda di dekat pohon rindang. Ini semua agar semut rangrang betah dan siap berproduksi.

Permasalahan kedua, semut meninggalkan sarangnya. Ternak kroto media toples seringkali menemui kendala ini. Biasanya semut pergi meninggalkan sarang karena sarangnya rusak akibat gesekan atau semut mencari tempat baru dan bergabung dengan koloni semut yang lebih nyaman. Solusinya tentu saja toples yang tinggal sarang tersebut jangan dibuang. Namun, pindahkan (tanpa merusak sarang) ke rak yang lebih tinggi. Dengan sendirinya dia akan masuk dan membuat sarang kembali.
Permasalahan ketiga, semut tidak mau minum. Semut tidak mau minum biasanya diakibatkan factor minuman yang sudah basi atau penambahan minuman baru (yang segar) ke minuman lama, sementara belum habis. Jadi solusinya adalah jangan menaruh minuman sementara minuman sebelumnya belum habis.

Demikian sedikit artikel tentang permasalahan dalam ternak/budidaya kroto dan solusinya. Semoga bermanfaat. Salam kami dari www.juragankrotobagus.blogspot.com