Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Kamis, 12 Desember 2013

TIPS SUPAYA KOLONI BIBIT SEMUT KROTO AMAN DAN TIDAK KABUR




TIPS SUPAYA KOLONI BIBIT SEMUT KROTO AMAN DAN TIDAK KABUR

Kembali dengan Juragankrotobagus, kali ini memunuculkan artikel terbaru tentang hal yang cukup penting dalam budidaya semut kroto. Apakah itu? Adalah tips bagaimana supaya koloni bibit semut kroto aman dan tidak kabur meninggalkan kandang. Juragankrotobagus ingin berbagi karena pernah mengalaminya dan tidak ingin anda yang membudidayakan kroto mengalami hal yang serupa.

Pertama, pastikan tidak ada media yang membuat semut bisa kabur. Sekecil apapun media itu usahakan agar tidak tersangkut di kandang anda. Sebab bisa dipastikan, bila ada media dia pasti akan kabur dan peternakan semut kroto anda pun bubar. Juragankrotobagus pernah bubar dan pergi peternakan semutnya di suatu pagi.. Saya pun kaget dengan kejadian itu. Setelah cek and ricek, rupanya memang ada media yang membuat semut kabur, yakni ada tutup toples yang jatuh dan mengenai kaki rak. Dan koloni semut pun kabur lewat tutup toples tersebut.

Kedua, jaga kebersihan di sekitar kandang anda. Hindari sampah yang berserakan di sekitar peternakan kroto anda, terutama plastik, kertas, daun dan sebagainya. Mengapa demikian? Karena benda-benda itu mudah sekali terbang dibawa angin. Dan tidak menutup kemungkinan mengenai kandang semut kroto anda. Kejadian ini pun pernah saya alami, yaitu penyebabnya adalah plastik yang terbang dibawa angin. Dan kejadianya pun baru tahu setelah semut kroto bubar kemana-mana.

Ketiga, pastikan isi air kolam atau ember anda penuh. Bila air kolam atau ember anda di kaki rak mau habis, segeralah diisi. Jangan sampai setelah semut anda kabur karena airnya habis, baru sadar.
Cukup tiga dulu itu ya, silahkan juragan yang pengalaman menambahinya. Kata pepatah, sedia paying sebelum hujan. Jadi, tips-tips tadi boleh dipraktekkan di penangkaran bibit semut kroto anda sehingga aman dan anda pun tenang dalam membudidayakan semut kroto atau yang dikenal dengan semut rang-rang.   
semut kroto bisa kabur
Pastikan tidak ada media (jembatan) yang membuat semut kabur.