Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Jumat, 12 Juli 2019

Cara Atau Tips Memperbanyak Koloni Semut Rangrang Atau Bibit Kroto


Cara atau tips memperbayak koloni rangrang atau bibit kroto


bibit kroto
Bibit Kroto

Memperbanyak bibit kroto atau koloni rangrang sangatlah penting dalam menentukan tingkat keberhasilan dalam bududaya kroto. Dengan koloni yang banyak maka hasil atau perkembangan dari ternak kroto akan lebih maksimal, karena dengan adalanya koloni yang sangat banyak maka proses pembuatan sarang akan lebih cepat sehingga kroto yang dipanen juga lebih cepat dan jumlahnya juga lebih banyak. Ada beberapa cara memperbanyak koloni, diantaranya adalah sebagai berikut:

Ø  Kasus pertama koloni masih sedikit (ternak media toples, pipa, besek)

Solusi pertatama tambah medianya sehingga semut dapat leluasa dalam berkembang, namun jangan terlalu banyak media yang kosong. Perbandingan media yang sudah berisi semut rangrang dengan yang akan ditambahkan atau yang baru adalah 7:1. Kalau yang 1 sudah penuh maka tambah media lagi. Solusi pertamana ini juga cukup lama kalau pertama kalau media yang sudah penuh sangat sedikit.
Solusi kedua , ditambah dari hasil cari di alam. Penambahan koloni dari alam ke dalam kandang dengan media toples, pipa tauapun besek juga tidak mudah. Bahkan dapat mengakibatkan koloni yang dikandang habis dibantai oleh koloni baru dari alam. Solusianya adalah yang dari alam harus di karantina dulu minimal hingga jinak. Setelah jinak baru digabungkan kedalam satu kandang.
Solusi ketiga adalah dengan mencari atau membeli semut rangrang atau bibit kroto yang sudah jinak.
                Apabila mebutuhkan bibit kroto dapat menghubingi 085777614260

Ø  Kasus kedua koloni masih sedikit (ternak media alam atau pohon)

Solusinya adalah dengan mencari bibit dari alam (pohon) lalu taruh di pohon yang akan dijadikan sebagai media bududaya kroto dan usahakan master ratunya juga di ikutkan dipindah, agar perkembangan koloni semut rangrang lebih cepat.
Kalaupun cari bibit di alam sangat susah, solusi terakhir adalah dengan cara membeli bibit kroto plus master ratu, selanjutnya lalu dilepas di pohon.

Semoga bermanfaat,,
Bagi yang ingin tanya-tanya atau membutuhkan bibit kroto bisa menghubungi 085777614260




3 komentar:

Mari budayakan bertegur salam sapa dan berbagi guys./. makash..