Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Jumat, 29 Agustus 2014

Musim Semut Hitam dan Calon Ratu



Musim Semut Hitam dan Calon Ratu

Di bulan-bulan terakhir mendekati musim penghujan seperti ini, bibitkroto yang dibudidayakan akan bertelur dalam jumlah yang lebih banyak dari musim kemarau, akan tetapi dari beberapa telur yang dihasilkan oleh semut rang-rang akan berubah menjadi semut hitam bersayap dan sebagian juga akan menetas menjadi calon ratu jika tidak dipanen. Bagi anda yang tidak sempat memanen kroto yang sudah dihasilkan, juga kroto sudah terlanjur menetas dan menjadi semut hitam bersayap anda tidak usah gundah gulana, semua ini bisa diatasi dengan mudah. 
Semut hitam bersayap ini biasanya berukuran normal seukuran semut lainnya. Semut hitam bersayap adalah semut jantan yang masa hidupnya singkat, setelah mengawini ratu maka semut ini akan mati dengan sendirinya. Selain mempunyai tugas utama mengawini ratu semut, semut ini juga bertugas mensurvei lokasi baru yang akan digunakan menjadi tempat bersarang bagi koloni semut lainnya, hanya saja semut jantan ini tidak bisa mencari makan sendiri, makanan sepenuhnya di suplai dari semut pekerja dan semut betina perawat.
Sedangkan cirri-ciri dari calon ratu atau biasa dikenal dengan moreng tubuhnya lebih besar dan berwarna hijau mempunyai sayap dipunggungnya, masih menunggu seleksi dari para koloni semut untuk menjadi ratu, jika kedua sayap telah patah maka dia telah terpilih seleksi pengangkatan ratu. Sang ratu baru lah yang nantinya akan dilindungi dengan sepenuh hati oleh para koloni semut dengan cara mengerubuti tubuh sang ratu, hal ini bertujuan agar sang ratu terlindung dari bahaya diluar koloni.
Bagi anda yang ingin ternak kroto, usahakan bibit kroto yang anda miliki memiliki ratu dalam umlah yang wajar demi menghasilkan produksi kroto yang lebih optimal.

13 komentar:

  1. waalaikumslm... ratu memang memiliki posisi yang penting dalam budidaya kroto. tanpa ratu, sulit rasanya ternak kroto berkembang dengan maksimal.. itulah sbbnya, milikilah ratu dalam ternak kroto anda..
    Nah, soal jumlah ratu dalam satu sarang, sebenarnya tak jadi soal, asal sudah beradaptasi alias diterima koloni semut.. tetapi, jika di dalam toples di sarang semut lainnya tidak ada ratunya sebiknya dipindahin saj, supaya sebaran krotonya merata..
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. jika masih kurang faham atau ada pertanyaan, silahkan ditanyakan disini mas,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh waktu berapa lama calon ratu menjadi ratu?

      Hapus
  3. Assalamu'alaikum..
    Saya ada sedikit masalah dalam penangkaran, ada banyak sekali semut hitam bersayap (jantan) sedangkan jumlah calon ratu semutnya hanya beberapa ekor saja (sekitar 6 ekor). kira-kira apa dampaknya seandainya saya biarkan saja? apakah ada dampaknya dalam perkembangan koloni? yang secara otomatis akan mengurangi produksi telur, mohon pencerahannya...
    Wassalam..

    BalasHapus
  4. kalau gak ada ratu apa bisa berkembang biak pak

    BalasHapus
  5. Salam pak. saya Ema dari Bogor. Sudah beberapa bulan ini kami membeli 6 toples semut kroto yang di dalamnya ada ratu. kalau tidak salah hanya satu atau dua ratu saja dari enam toples itu. Kemudian, kami perhatikan ada kroto yang muncul, lalu sengaja tidak kami ambil untuk memperbanyak jumlah koloni. Tetapi skrg malah berubah menjadi semut hitam bersayap. Lalu kami juga bingung bagaimana cara memanem telur kroto?

    BalasHapus
  6. assalamu alaikum pak, paak bisa kah saya order bibit, namun posisi ssaya ada dikaltim.
    kalaupun g bisa, seumpama saya ingin mengambil langsung dari alam, bagaimana caranya ya pak. thx

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum, selamat malam pak. Saya ingin bertanya.
    Untuk 10 toples sosis, jumlah ratu yang ideal berapa ya? Apakah masing2 toples bila kita beri masing2 ratu masih ideal.
    Apakah ada dampak negatif dari ratu yang berlebihan.
    Terima kasih. Assalamualaikum

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum, selamat malam pak. Saya ingin bertanya.
    Untuk 10 toples sosis, jumlah ratu yang ideal berapa ya? Apakah masing2 toples bila kita beri masing2 ratu masih ideal.
    Apakah ada dampak negatif dari ratu yang berlebihan.
    Terima kasih. Assalamualaikum

    BalasHapus
  9. Askum, saya mau tanya
    Perkenalkan saya Siro
    Saya mau tanya apa ada Agen di Malang
    Dan harga update per toplesnya berapa

    Makasih

    BalasHapus
  10. pada bulan apa semut jantan muncul pak

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum, perkenalkan nm saya Adit. Saya sudah coba menernak semut rangrang hampir 5 bln. 1-2 bulan yg lalu saya perhatikan jml kroto'y banyak sekali, tp saya tdk ambi agar bs brkembang lbh byk lg. Tp 1 bln ini saya perhatikan jml kroto'y mlah sdikit sekali dbandingkan dgn jml semut pekerja, smut jantan, & calon ratu. Lalu bagaimana cara'y ya pak supaya kroto'y jd byk lagi?

    BalasHapus
  12. Assalamu alaikum
    Saya tanya pak kenapa semut rangrang ku gk bisa menjadi banyak malah makin berkurang banyak yang mati udah tiga bulan saya beternak mohon penjelasan nya pak

    BalasHapus

Mari budayakan bertegur salam sapa dan berbagi guys./. makash..