Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Rabu, 27 Agustus 2014

Cara Mengetahui Umur Sarang Semut Rang-Rang




Cara Mengetahui Umur Sarang Semut Rang-Rang

Apa kabar sobat semua? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan hebat. Bertemu lagi dengan kami juragan kroto bagus. Dalam kesempatan yang berbahagia ini, kami akan mencoba menjabarkan tentang bagaimana cara mengetahui umur sarang dalam ternak kroto, perlu diketahui yang disebut sarang semut rang-rang adalah jaring sutra berserat putih untuk menempelkan telur dan larva. Dalam toples terdapat beberapa lapis sarang yang tersusun bersekat-sekat seperti kamar, hal ini dibuat secara alami dari koloni semut tersebut. Tujuannya untuk memudahkan penyimpanan makanan, tempat berlindung bagi semut betina dan ratu, tempat menyimpan telur, larva dan pupa dari serangan lawan.
Untuk mengetahui umur sarang yang dibuat oleh semut rang-rang, mari kita perhatikan penjelasnya sebagai berikut .

 Sarang muda   

Yang dimaksud sarang muda adalah sarang yang dibuat semut rang-rang masih baru. Dalam budidaya kroto/ternak kroto perlu memperhatikan cirri-ciri nya. Sarang muda adalah jaring putih yang terbuat dari lendir semut rang-rang masih terlihat transparan, masih belum kuat, mudah robek dan tipis

 Sarang tua 

Sama seperti sarang muda, sarang tua juga mempunyai cirri-ciri, untuk kita yang sudah lama beternak kroto mungkin sudah paham akan hal ini.  Sarang yang sudah tua memiliki ciri-ciri jaring putih atau seratnya sudah tidak transparan lagi, mirip seperti kertas, sdh menempel kuat, tidak mudah robek.
Baik sarang muda maupun tua, tak jadi masalah dalam beternak kroto, banyak dijumpai sarang tua banyak menghasilkan kroto, tak jarang juga sarang muda menghasilkan kroto yang banyak pula. Yang perlu diperhatikan jika sarang terlalu tua dan lama dalam toples bibit kroto anda, semut biasanya tidak mau menempati, solusinya adalah rusak sarang tersebut agar semut membuat sarang baru di toples bibit kroto anda. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. biasa nya sarang yg harus di hancurkan maksimal yg udah berapa lama gan...

    BalasHapus
  2. biasanya sarang yg harus di hancurkan maksimal yg udah brp lama gan ??

    BalasHapus

Mari budayakan bertegur salam sapa dan berbagi guys./. makash..