Menu

Div Untuk Halaman Terpisah

Rabu, 11 Desember 2013

Tips Menangani Toples yang Ditinggalkan Semut Kroto.


Tips Menangani Toples yang Ditinggalkan Semut Kroto.

Kembali dengan juragankrotobagus, kemarin juragankrotobagus mendapatkan informasi dari seorang kawan di Tegal yang menyatakan bahwa bibit kroto semut krotonya ada 2 toples yang ditinggalkan koloni semutnya dari 10 toples yang menetap di kandang. Apa yang dialami kawan saya yang di Tegal barangkali dialami sahabat lain yang sedang menjalani budidaya kroto semut rang-rang. Pertanyaanya, bagaimana tips-tips menangani permasalahan seperti ini?

Tenang saja, juragankrotobagus kali ini akan berbagi tips bagaimana menangani toples yang ditinggalkan semut koloninya. Ada beberapa cara yang bisa dikemukakan disini dan bisa anda praktekkan di peternakan anda di rumah.

Pertama, jika toples yang ditinggalkan koloni semut rupanya masih ada sarangnya, maka yang dilakukan adalah seperti berikut ini. Pertama, ambil dan pindahkan toples yang ditinggalkan koloni semut ini ke posisi agak tepi di kandang anda. Saya sarankan letakkan toples kosong yang tinggal sarang tadi di tepi kandang yang sebelah atas(lantai atas). Letakkan toples kosong tadi di jalur semut yang ramai (umumnya di tepi atau pinggir). biarkan dan tunggu beberapa hari, biasanya semut koloni akan mulai masuk dan merekapun memperbaiki sarang sembari bertelur. 

Kedua, jika toples semut kosong tak bersisa, maka solusinya adalah dengan mencuci bersih dengan air biasa, lalu setelah kering, kembalikan ke kandang anda. Pilih dan letakkan toples kosong tadi di tepi lantai bagian atas. Dan sekali lagi, ingat, bahwa semut koloni lebih cepat berkembang di pinggir rak daripada yang dalam atau tengah-tengah rak. 

Cara lain untuk menangani toples kosong adalah dengan memberi air gula di dalam toples kosong tersebut. Lalu, letakkan di jalur yang “ramai” dilewati semut dan ini biasanya di tepi atau pinggir rak.
Demikian sedikit tips menangani toples kosong yang semula berisi semut koloni. Semoga bermanfaat. Saya harap bagi anda yang merasa mendapatkan manfaat dari blog ini, silahkamn dishare ke forum anda. Terimakasih. Sampai ketemu di artikel selanjutnya kawan…. 

ternak kroto, ternak semut rangrang
Jika toples anda kosong karena ditinggalkan semut koloni, solusinya pindahkan ke tepi.